Kamis, 02 Mei 2013

Pasar Baru Bandung

                     PASAR BARU BANDUNG

 

 
Sepenggal kisah sejarah pasar baru dulu 

   Pasar Baru Bandung terletak di Jalan Oto Is kandar Dinata. Pada jaman Belanda pasar baru disebut dengan nama Pasar Baroeweg. Bangunan yang sekarang berdiri ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai serta diresmikan oleh Walikota Bandung pada  tahun 2003. Perencanaan dilakukan untuk memperbaiki dan mempermodern pasar baru bandung,
     Sebelum berdirinya bangunan modern bertingkat dengan kompleks pertokoan ini, Pasar Baru masih dikenal sebagai pusat perbelanjaan dengan konsep pasar tradisional. Saaat ini konsep Pasar Baru berubah dengan model Trade Centre yang belakangan populer. Pembangunan gedung modern berlantai 11 ini (termasuk basement dan lahan parkir) menelan dana lebih dari 150 milyar. Pada masa perencanaan dan pembangunan awalnya cukup sering terjadi demonstrasi yang menentangnya.
Pasar Baru merupakan pasar tertua di Kota Bandung yang masih berdiri. Sebelumnya, pasar ini sebetulnya merupakan lokasi pengganti pasar lama di daerah Ciguriang (sekitar pertokoan Kings, Jalan Kepatihan sekarang) yang terbakar akibat kerusuhan Munada pada tahun 1842. Di sekitar kawasan Kepatihan memang masih dapat ditemukan ruas jalan kecil bernama Ciguriang.

 

PASAR BARU SEKARANG 
  Paris Van Java itulah julukan kota Bandung yang terletak di tatar Jawa bagian barat, kota yang dikelilingi pegunungan ini , selain terkenal dengan kulinernya juga terkenal dengan beragam produk busana.
Bicara busana di Bandung ini ada sebuah pusat perbelanjaan yang bersejarah ( sejak 1906) yaitu “ Pasarbaru Trade Center” bukan terkenal sejarahnya saja Pasarbaru Trade Center juga menjadi tujuan wisata belanja dan surga belanja bagi para pelancong yang berkunjung ke kota ini. Selain itu Pasarbaru Trade Center sudah menjadi barometer tempat belanja di Bandung , karena tempatnya yang strategis yaitu di pusat kota tepatnya jalan Otista No.70 .

BELANJA BATIK  LENGKAP , MURAH DAN NYAMAN

Batik merupakan salah satu  karya seni anak bangsa yang sudah membudaya sejak zaman nenek moyang kita,  batik  biasanya dituangkan dalam wadah kain atau lebih umumnya busana. Melihat sejarahnya batik lebih diminati oleh kalangan tertentu yang mendominasi  kaum  dewasa atau usia tua. Seiring berjalannya waktu, pengrajin batik menepis tanggapan tersebut dengan terus berinovasi dan bereksperimen baik dalam  design maupun warna,  tidak bisa dipungkiri  bahwa batik lebih banyak dikenakan pada saat acara pernikahan atau acara adat tertentu.  Namun ditahun 2008 batik mampu mencuri perhatian sehinggga,    dimana -mana dan setiap aktifitas banyak orang mengenakan batik diberbagai kesempatan.
Tips : Pembeli adalah raja di sini Tawar menawar adalah hal yang wajar di dalam berbagai transaksi di pasar baru.. dan jangan khawatir ketika anda menawar di dalam kedai , apabila anda x jadi membeli pun x apa, janji kita pandai2 saja cari yang lebih murah.. tapi kalau seandainya penawaran nya last sampai dia (pedagang) nak menangis, itu tanda nya anda berhasil dalam ber transaksi .. atau di nyatakan penawar sejati .. haha ....
 MUKENA ATAU YANG LEBIH DI KENAL DENGAN TELEKUNG

 Di sini anda akan di manjakan dengan berbagai pilihan mukena (telekung) yang menarik, selain kedai batik di lantai D1 atau 3, berbagai pilihan telekung menarik banyak tersedia di lantai 1, tepat nya di sebelah kedai pesona kain pasang ..
Tips : Masih tetap sama dengan yang di atas ..Pembeli adalah raja di sini Tawar menawar adalah hal yang wajar di dalam berbagai transaksi di pasar baru.. dan jangan khawatir ketika anda menawar di dalam kedai , apabila anda x jadi membeli pun x apa, janji kita pandai2 saja cari yang lebih murah.. tapi kalau seandainya penawaran nya last sampai dia (pedagang) nak menangis, itu tanda nya anda berhasil dalam ber transaksi .. atau di nyatakan penawar sejati .. haha ....
 kain pasang


Kain pasang pesona adalah salah satu icon di lantai 1, di karnakan barangan yang kedai ini jual agak sikit lebih murah dari harga kedai yang lain, makanya kedai ini selalu di buru oleh customer dari bandung maupun luar bandung, dan jangan hairan apa bila anda datang ke kedai ini, anda pasti akan sedikit mengantri atau menunggu ketika anda " Antri sikit demi kepuasan apa salah nya yaa" hehe ..
KAIN METER
   Nah lho, apa artinya obral ?? bagi sebahagian orang yang baru datang ke pasar baru pasti hairan tengok nama 'Obral" ingat kan jenama barang, eh ternyata Obral tuh 'SALE' , Banyak tersedia bahan 2 kain yang di ukur secara per meter kat sini , tinggal anda cakap ngan pekerja kedai berapa meter yang anda nak, Nego harga' Selesai deh urusan .. hehe, oh iya di dekat kedai ini pun suka ada tempahan tuk bahan 2 kain dengan massa 1 hari siap, tapi kalau masih agak lama sikit stay kat bandung, lagi best tunggu je , barang 1 hari kah 2 hari, buat elok2 biar puas hati ..

HAND BAGS

Bagi anda penggemar tas atau hand bags,terletak di tingkat 1 atau 6 (sebelah food cort) khusus nya bagi anda kaum hawa, anda akan di suguhkan dengan berbagai pilihan dari jenama sampai brand local semua ada di sini, tapi jangan silap dulu lah, di sini bukan jual barang ori tapi di sini di jual baramng KW atau Great, tinggal kita pandai2 pilih lah..
 PERINGATAN :
1. Agar selalu berhati2 dengan barang bawaan anda ..
2. Di usahakan tas atau bags tetap pada posisi di depan
3. Hindari para pedagang nakal yang x punya kedai (suka menipu)
4. Sering lah berkomunikasi dengan pemandu atau driver anda, karena sedikit nya dia boleh membantu..
5. Tawar menawar adalah wajib hukum nyta kat pasar baru nih ...
 Demikian sedikit tips dari kami Mudah2 an insya allah bisa membantu ..

Fast Contact

Phone : +622-95103147
Mobile : +62813 225 11883
  +62838 2152 9157 
Email : tourbandung833
  @yahoo.com
Facebook : cepi.suryana.7

                                                         www.chepycar.com

                                                     ~Selamat Berkunjung~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar